Waspada Penipuan Modus Bantuan Masjid dan Mushola

Bengkulu,rekamjejaknews.com – Kembali marak aksi percobaan penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab dengan modus akan memberikan bantuan untuk masjid dan mushola. Kali ini, pelaku mengaku staf atau bawahan salah satu pejabat Pemkot Bengkulu dari dinas sosial, Riza Emilia.

Kronologisnya, belum lama ini Riza mendapat informasi dari salah satu warga yang mendapat pesan whatsapp dari pelaku yang mengaku staf atau bawahan Riza. Pelaku minta korban mengirim nomor rekening masjid karena akan ditransfer uang sebesar Rp 20.500.000.

Setelah rekening dikirim, pelaku mengirim bukti transfer palsu kepada warga tersebut dimana dalam bukti tranfer yang menggunakan aplilikasi BRIMo tersebut, tertulis Riza telah mengirim uang Rp 20.500.000 ke rekening Masjid As Salaam.

Selanjutnya pelaku menjelaskan bahwa uang yang telah ditransfer itu kegunaannya untuk kembaga mushola Rp 15 juta, untuk TPQ Al Amin Rp 5 juta, dan tanda terima kasih kepada pengurus mushola Rp 500 ribu.

Maka, pelaku menyuruh korban langsung transfer uang Rp 5 juta ke rekening pengurus TPQ Al Amin atas nama Ustad Nurul. Untungnya korban tidak langsung percaya dan langsung konfirmasi kepada pihak dinas sosial.

Terkait hal itu, Riza menegaskan bahwa itu penipuan. Disampaikannya bahwa ia tidak pernah menyuruh staf atau siapa pun untuk mentransfer uang dan atau meminta siapapun transfer uang terkait bantuan masjid dan mushola. “Itu asli penipuan, kepada masyarakat agar jangan dipercaya dan waspada,” ujar Riza.(**)