Tim UPP Saber Pungli Benteng Adakan Penghentian Budaya Pungli Bersama Puskesmas Benteng

Tim Saber Pungli mengajak pimpinan Puskesmas di Bengkulu Tengah untuk menumbuhkan budaya anti pungli

Tim UPP Saber Pungli Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melaksanakan aksi penghentian budaya pungli pada Selasa, 5 Desember 2023, di Balai Liung Gunung Desa Nakau. Pesertanya antara lain perwakilan dari Puskesmas Benteng dan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Benteng. Selain Polsek Benten, Kejaksaan Benten juga berfungsi sebagai penghubung.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim UPP Saber Punri Benteng, Kompol; Andrianto SH yang juga menjabat Wakapolsek Benten mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan upaya tim saber pungli Benteng untuk mencegah pungli di masyarakat. Salah satu bidang yang rentan terhadap pungutan liar adalah Puskesmas dan Pelayanan Perizinan yang pada hakikatnya berfungsi sebagai pelayan masyarakat.

“Ini adalah langkah kita menuju saber pungli untuk mencegah pungutan liar. Sasaran aksi ini adalah puskesmas dan layanan berizin,” kata Andrianto.

Andrianto mengatakan, dirinya pernah menerima laporan adanya tuduhan pungli di masa lalu. Namun pihaknya masih mendalami persoalan tersebut.

“Jika Anda memiliki laporan. Namun pihaknya masih melakukan pengejaran. Kalau ada petunjuk dan bukti bisa diajukan tuntutan,” kata Andrianto.