Satu Lagi Makam di Pekan Sabtu Dipindahkan ke Kecamatan Ilir Talo

Bengkulu,rekamjejaknews.com – Satu makam di Kelurahan Pekan Sabtu atas nama (Alm) H. Marjoko dipindahkan oleh ahli waris atas nama Gunomo ke Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma. Penggalian dan pemindahan makam dibantu oleh Pemkot Bengkulu, Rabu (12/4/23).

Hadir langsung Kadis Sosial Kota Bengkulu Sahat dan staf serta petugas dari Satpol PP. Jenazah H. Marjoko diantar menggunakan ambulans (gratis) yang difasilitasi oleh Pemkot Bengkulu. Pihak ahli waris sebelumnya sudah menerima bantuan biaya relokasi makam dari BazNas Kota Bengkulu sebesar Rp 1,5 juta.

“Kita sudah arahkan agar makam dipindahkan ke taman makam merah putih milik Pemkot Bengkulu yang ada di Kelurahan Bentiring Permai. Tapi ahli waris bernama Gunowo yang merupakan adik kandung Almarhum keberatan. Ia ingin memindahkan makam di Ilir Talo karena dekat dengan kediaman anak dan istri Almarhum,” jelas Sahat.

Sahat mengatakan, saat ini untuk makam Muslim yang ada di Pekan Sabtu tinggal 5 makam lagi yakni 2 makam Mr.X (pasien RSJKO), sedangkan 3 makam lagi belum diketahui pihak keluarga atau ahli warisnya.

Namun dipastikan kelima makam tersebut adalah makam orang Muslim. Namun sebelum makam itu dipindahkan, lanjut Sahat pihaknya akan meminta fatwa, pendapat atau arahan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terlebih dahulu mengingat pihak ahli waris makam belum diketahui.

“Saat ini kita.(dinas sosial) sedang meminta petunjuk atau arahan atau fatwa ke MUI atas 5 makam yang sampai saat ini belum diketahui ahli warisnya. Selanjutnya bila sudah ada fatwa dari MUI nanti kita laksanakan pemindahan sesuai dengan fatwa tersebut sekaligus nanti kita juga ajukan bantuan ke BazNas untuk biaya relokasinya,” demikian Sahat.(**)