Proses Seleksi PPPK Seluma Diduga Bermasalah, Ada Tarif Rp 50 JT dan Pengondisian Orang Dalam

Seluma,rekamjejaknews.com – Beredarnya kabar burung adanya dugaan praktek curang pada perekrutan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Seluma. Sabtu (19/1/2023).

Dari Sumber yang terpercaya (A1) mengatakan, salah satu korban mengaku sudah menjadi korban calo PPPK di Kabupaten Seluma. Kepada korban, Calo yang mengaku orang dekat petinggi Kabupaten Seluma menjanjikan bisa meluluskan PPPK dengan syarat meminta sejumlah uang sebagai pelicin.

Namun sayangnya setelah korban memberikan sejumlah uang seperti diminta sang calo, sampai dengan daftar peserta lulus seleksi diumumkan, korban tersebut tidak lulus seleksi PPPK.

“kamis 28 Desember 2023 didampingi ketuanya pelaku baru mengembalikan Rp. 20 juta kepada peserta tes PPPK yang gagal dari tarif yang dipinta sebesar Rp 50 Jt, dan bersisa Rp. 30 juta masih dengan bos,” pengakuan pelaku kepada pihak korban.

Tentunya kalau hal tersebut benar-benar terjadi, ini bisa menjadi satu bukti kuat kalau proses PPPK 2023 Seluma terindikasi adanya Perbuatan melawan hukum.

Sementara itu berdasarkan data dan keterangan yang berhasil dihimpun, kalau orang dalam juga diduga kuat bermain curang pada proses seleksi PPPK dengan cara memerintahkan bawahan untuk membuat surat keterangan honorer atau tenaga kesehatan orang yang dikondisikan atau orang titipan sesuai dengan syarat mutlak untuk ikut tes PPPK.

Sampai berita ini diterbitkan, awak media masih berupaya melakukan konfirmasi kepada pihak yang diduga terlibat pada dugaan tersebut. (Rilis)