Personel Dinas Damkar Diuji Ketangkasan, Kecepatan dan Kesiapsiagaan Hadapi Kebakaran

Bengkulutengah,rekamjejaknews.com – Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng) melalui  Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) melaksanakan uji ketangkasan terhadap seluruh personel damkar yang bertugas di posko-posko Benteng pada Rabu 17 Januari 2024. Para personel damkar ini diberikan pelatihan yang bertujuan untuk lebih profesional lagi dalam menangani masalah yang ada di lapangan. Terutama dalam menangani adanya musibah kebakaran. Adapun masing-masing tim wilayah dan regu damkar diuji dalam kecepatan dan ketangkasan kesiapsiagaan yang berlangsung di halaman belakang kantor Bupati Benteng.

Plt Kadis Damkar Benteng, Nurul Iwan Setiawan, M.Si melalui Kabid Sarana Prasarana (Sarpras) dan Sumber Daya Aparatur (SDA), Reva Monavarte, SE menjelaskan, uji ketangkasan ini adalah untuk memperkuat atau mengasah kemampuan personel dan membangun kerjasama tim dalam melakukan penanggulangan serta penyelamatan saat terjadi kebakaran maupun bencana.

‘’Hal ini untuk memperkuat atau mengasah kemampuan personel dan membangun kerjasama tim dalam melakukan penanggulangan dan penyelamatan saat terjadi kebakaran serta bencana,’’ jelas Reva.

Dikatakan Reva, melalui uji ketangkasan ini juga masing-masing personel itu mempunyai kemampuan, kapasitas dan mempunyai pengetahuan terhadap situasi dan kemudian bagaimana menggunakan alat dan melakukan kerjasama ini yang menjadi aspek penilaian utama sehingga penting.

‘’Tiap tim diuji kesiapsiagaan dalam menarik hingga memegang tuas selang air. Ini menjadi tolok ukur ketangkasan petugas dalam melakukan pemadaman api. Tidak hanya melakukan pemadaman api, namun cara dan kecepatan dalam penyelamatan jika ada korban terjebak dalam kepulan asap. Bagaimana petugas menggunakan peralatan hingga penggunaan oksigen juga dilatih. Kemudian bagaimana menggunakan tali untuk menjadi jalan menuju tempat tinggi guna menyelamatkan korban,’’ ujar Reva.

Ia menuturkan, kompetisi yang diuji dalam latihan ini adalah ketahanan, ketangkasan dan kecepatan waktu petugas dalam melakukan pemadaman api serta penyelamatan.

‘’Kita juga gelar perlombaan ketangkasan fisik dan kecepatan waktu dalam melakukan penyelamatan korban terhadap kebakaran yang terjadi,’’ demikian Reva.(**)