Perpusda Provinsi Bengkulu Gelar Fokus Discussion, Dua Abad Traktat London 1824

Bengkulu,rekamjejaknews.com – Menyongsong Peringatan dua abad Traktat London (1824-2022), Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Bengkulu menggelar Fokus Group Discussion (FGD), bertempat di Auala Perpusda Provinsi Bengkulu, Selasa 6 Desember 2022.

Acara Fokus Group Discussion (FGD) dengan tema menyongsong peringatan dua abad Traktat London 1824 – 2022 tersebut, dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi,M.Pd yang dihadiri 11 OPD dijajaran Pemprov Bengkulu.

Kadis Perpusda Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi pada acara tersebut kepada wartawan mengatakan, jadi agenda kegiatan yang sedang kita rancang kita susun kaitan dengan menyongsong pringatan dua abad Traktat London  17 Maret 1824 menuju 2024 yang akan datang.

“ Ini  merupakan titik balik untuk kita menyelusuri menggali kembali sejarah tentang hubungan Bengkulu dengan Inggris, Belanda, Prancis dan Portugis.

Sebagai bangsa yang besar dikala sekarang ini semua pihak membuka diri untuk melakukan hubungan kerjasama diberbagai bidang, seperti pariwisata, bidang investasi,dan kebudayaan ilmu pengetahuan.

Nah, kita ingin menambah khasanah tentang kearsiapan sejarah Bengkulu masa lalu baik gunanya untuk generasi sekarang  maupun generasi yang akan datang,” ujarnya.

Dikatakan Meri Sasdi, belajar dari persoalan ini, ternyata ini kita ini bisa  mengembangkan juga kegiatan-kegiatan lain dari para stackholder, even apa saja ya seperti seperti west Sumatera yang raly 2023 melintasi tiga Negara, Thailan, Malaysia dan Indonesia. Indonesia dimana ? ya masuklah wilayah kita Bengkulu.

Inpacnya pertumbuhan ekonomi di sector pariwisata bergerak secara aktif dan produktif. Kunjungan wisata asing atau mancanegara itu memang nyampai ke Bengkulu.

“ Jadi, bukan hanya berita atau kabar info Bengkulu saja, tapi dia lebih akan tahu tentang seni budaya, kultur, kehidupan tentang social, dan kesempatan atraksi.

Inilah yang akan kita kembangkan jikala kondisi mencapaii solutif . Nah ini untuk diketahui juga sebagai pemahaman dan ini dilakukan pihak ketiga,” ujar Kadis Perpustakaan Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi.

Dialog Kebangsaan Napak Tilas Traktat London 1824 tersebut diketuai oleh A.Rofiq Sumantri.(**)