Pemkot juga Siapkan Lahan di TPMP untuk Pemakaman Warga Kota ‘Non Muslim’

Bengkulu,rekamjejaknews.com – Berdasarkan keputusan walikota (kepwal) nomor 68 tahun 2021 tentang penetapan pengelola Taman Pemakaman Merah Putih (TPMP) milik Pemkota Bengkulu, dijelaskan bahwa dinas sosial Kota Bengkulu sebagai pihak pengelolaan TPMP yang terletak di Kelurahan Bentiring.

Kemudian salah satu isi dari kepwal disebutkan bahwa peruntukan lahan pemakaman terbagi 2 yakni untuk pemakaman warga muslim seluas 2 hektar dan untuk pemakaman warga non muslim seluas 2 hektar.

Ini dijelaskan oleh Asisten I Kota Bengkulu Eko Agusrianto didampingi Kadis Sosial Kota Bengkulu Sahat Marulitua Situmorang saat mengunjungi salah satu warga Kota Bengkulu dari suku batak, non muslim yang meninggal dunia di Jalan Sadang II Kelurahan Lingkar Barat dalam rangka menyerahkan KK, KTP dan akta kematian (program 3 in 1), Senin (3/4/23).

“Pemkot hadir bersama masyarakat baik dalam keadaan suka maupun duka, apapun suku dan agamanya. Makanya ada program 3 in 1. Warga yang meninggal kita antar langsung KTP baru suami/istri yang sudah berubah statusnya (cerai mati), KK dan juga akta kematian,” sampai Eko.

Bahkan, pemkot juga siapkan lahan seluas 4 hektar di TPMP Bentiring yang peruntukannya sebagian untuk pemakaman warga muslim dan sebagian untuk warga non muslim.

Eko menghimbau kepada warga kota yang non muslim kalau ada keluarganya yang meninggal silahkan menghubungi dinas sosial sehingga jenazah bisa dimakamkan di TPMP merah putih tersebut.

“Jadi bagi keluarga dari warga non muslim, jika ada keluarga yang meninggal bisa dimakamkan ditaman pemakaman umum merah putih di Bentiring, itu bisa dipakai oleh warga kota yang non muslim. Jadi silahkan kalau mau dimakamkan di sana,” jelas Eko.

Kadis sosial Sahat membenarkan apa yang sudah dijelaskan oleh Asisten I kepada warga. Ia menambahkan, bahwa dinsos akan melayani warga kota baik yang muslim maupun non muslim yang akan dimakamkan di taman pemekaman merah putih Bentiring.

Di rumah duka warga Jalan Sadang II Kelurahan Lingkar Barat itu tampak hadir Kabag Pemerintahan, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Lurah Lingkar Barat.(**)