Pemkot Bengkulu Buka Pendaftaran Seleksi Paskibraka, Ini Caranya

Kota Bengkulu, rekamjejaknews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu membuka pendaftaran seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024. Pendaftaran dibuka mulai 19 hingga 29 Februari.

Mengenai hal ini, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengajak para siswa SMA/SMK/MA untuk mendaftarkan diri. Siswa yang ingin mendaftar bisa mengakses situs web https://paskibraka.bpip.go.id untuk terlebih dahulu mengunggah dokumen persyaratan.

Para pendaftar diminta lebih cermat dan teliti ketika mengunggah dokumen pendaftaran. Sebab, jika ada berkas yang terlewat, pendaftar dinyatakan gugur dalam seleksi administrasi.

Berdasarkan penjelasan Plt Kepala Kesbangpol Fenny Fahrianny, Rabu (21/2). Seleksi Paskibraka dilakukan secara berjenjang, sesuai arahan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Menurut dia, ada perbedaan pada tahap seleksi tahun ini.

“Di tahun ini, setelah dinyatakan lolos tahapan administrasi, para peserta terlebih dahulu akan mengikuti Tes Wawasan Kebangasaan (TWK) melalui sistem CAT (Computer Assisted Test). Selanjutnya akan mengikuti tahapan selanjutnya, seperti tes fisik dan sebagainya,” jelasnya.

Pada tahap akhir akan dipilih melalui sistem perangkingan 30 orang (15 pasang putra dan putri) yang akan bertugas di Pemkot Bengkulu dan 10 orang (5 pasang) akan bertugas di Pemprov Bengkulu. Sedangkan untuk Paskibraka tingkat Nasional akan diseleksi di Provinsi Bengkulu dan yang mendapatkan nilai tertinggi akan dikirim ke Nasional sebanyak 6 orang (3 pasang).

Untuk persyaratan dan ketentuan lebih lanjut dapat melihat flyer di bawah ini dan bisa menghubungi kantor Kesbangpol ataupun nomor yang tertera di bawah ini :

CP : 0853-6607-8567
0851-8290-6486
0853-8026-6786