Pemkab Seluma Akan Segera Melakukan Evaluasi Kinerja 12 Kepala OPD

Seluma, Rekamjejaknews.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma Hadianto mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkabu) Selma akan melakukan evaluasi kinerja terhadap 12 kepala OPD pada akhir tahun 2023. Selain itu, Pemkab Seluma berencana melakukan mutasi dan pengisian lowongan di ASN Eselon III dan Eselon IV.

“Tadi hasil penilaian evaluasi  10 orang kepala OPD sudah ada di meja Bupati. Akhir tahun ini dilakukan penilaian terhadap 12 orang kepala OPD yang jabatannya meliputi Pangkat III dan Pangkat IV,” kata Hadianto.

Sekda menjelaskan, evaluasi terhadap 12 OPD akan dilakukan pada pekan ini. Posisi kepala dinas seharusnya dievaluasi selama dua tahun. Namun pelaksanaan dan penerapan hasil tersebut masih memerlukan persetujuan Komite Kelengkapan Sipil Nasional (KASN). Hasil kesesuaian kerja dan evaluasi pekerjaan akan menjadi rekomendasi usulan kepada KASN yang tentunya harus disetujui, lanjutnya.

Persetujuan KASN kini juga diperlukan untuk evaluasi dan pengisian lowongan peringkat III dan peringkat IV. Saat ini, yang diusulkan diharapkan dapat diajukan dalam waktu dekat. Sebab Bapeljakat melakukan penelitian tingkat III dan IV.

“Untuk eselon III dan IV kemungkinan besar akhir tahun atau awal tahun ini.  Sedangkan Eselon II kemungkinan besar pertengahan Januari tahun depan,” ujarnya.

Sekda menambahkan, hasil evaluasi dan penetapan kualifikasi profesi bagi jajaran III dan IV akan diserahkan terlebih dahulu oleh Pancel.  Dan jika menyangkut hasil dan penilaian kesesuaian profesi, tetap bupati berhak mengangkat pejabat tersebut berdasarkan penilaian itu.

“Yang berhak melakukan arbitrase adalah kewenangan bupati. Namun, kami masih menunggu tahap kualifikasi dan evaluasi untuk jabatan tersebut,” imbuhnya.