Operasi Lilin Nala 12 Hari Untuk Amankan Nataru dan Kampanye

Bengkulu,rekamjejaknews.com – Pj Walikota Bengkulu diwakili Asisten I Eko Agusrianto mengikuti acara Video Converence Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Nala dalam rangka pengamanan natal 2023 dan tahun baru 2024 di ruangan Command Center Mapolresta Bengkulu, Senin (18/12).

Hadir juga perwakilan Forkopimda Kota Bengkulu, beberapa Kepala OPD terkait, Kapolsek se-Kota Bengkulu, pihak PLN, SAR, Lanal, Kemenag, BMKG, Jasa Raharja, Pertamina dan stakeholder terkait lainnya.

Rakor lintas sektoral operasi Operasi Lilin Nala digelar di Mapolda Bengkulu dipimpin oleh Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Agus Salim dan disaksikan melalui Video Converence atau via zoom di seluruh polres termasuk Polresta Bengkulu bersama instansi terkait lainnya.

Di Polresta Bengkulu, Wakapolresta Bengkulu AKBP Max Mariners ikut mendengarkan arahan dari Wakapolda. Wakapolda menyampaikan bahwa Operasi Lilin Nala dalam rangka pengamanan natal 2023 dan tahun baru 2024 akan digelar selama 12 hari, mulai dari 22 Desember hingga 2 Januari 2024.

 

Membacakan arahan Kapolda, Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Agus Salim mengatakan Operasi Lilin Nala dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru merupakan agenda tahunan.

“Ini agenda tahunan dalam pengamanan nataru. Untuk itu, melalui rakor lintas sektoral ini diharapkan semua pihak dapat menyamakan persepsi dan tindakan agar terjadi keterpaduan gerak langkah di lapangan,” ujarnya.

Ia berharap rakor ini dapat digunakan untuk menyiapkan kesiapan-kesiapan semua pihak terkait, sehingga apa yang menjadi kendala dan hambatan akan dapat teratasi. Sehingga saat pelaksanaan perayaan Nataru dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama yaitu aman dan lancar.

Ditambahkan Agus, diprediksi mobilitas masyarakat saat Nataru akan meningkat. Tentunya hal ini akan menjadi perhatian. Semua pihak diminta saling bersinergi dalam operasi tersebut sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tidak tertanggu.

Adapun pengamanan yang menjadi perhatian meliputi tempat ibadah, objek wisata, pusat perbelanjaan, termasuk mendirikan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu, serta antisipasi terjadinya bencana alam.

Selain itu, mengingat perayaan natal dan tahun baru kali ini bersamaan dengan masa kampanye pemilu serentak tahun 2024. Seluruh pihak terkait diminta untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam rangka menjaga stabilitas keamanan guna kelancaran masa kampanye di Provinsi Bengkulu.

Terpisah, Asisten I Pemkot Eko Agurianto mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu siap bersinergi dan kolaborasi untuk menyukseskan Operasi Lilin Nala dalam rangka pengamanan natal 2023 dan tahun baru 2024.

Lebih lanjut, adapun fokus kesiapan pemerintah dalam menghadapi Nataru ialah terkait kebutuhan pokok masyarakat, sarana dan prasarana, kesehatan, keamanan dan siaga bencana.

“Melalui rakor ini, kita menunjukkan kepada masyarakat di Kota Bengkulu bahwa seluruh unsur aparat, pemerintah dan juga elemen-elemen yang ada di masyarakat bersinergi dengan baik memiliki soliditas yang kuat sehingga betul-betul apa yang kita lakukan ini memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa natal dan tahun baru yang akan dirayakan oleh masyarakat itu dapat berjalan dengan baik,” jelas Eko. (**)