MUSRENBANG DI KECAMATAN PONDOK KELAPA DI DOMINASI USULAN PERBAIKAN, PENGADAAN DAN PERAWATAN INFRASTRUKTUR

Bengkulu Tengah,rekamjejaknews.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Kantor Kecamatan Pondok Kelapa. Rabu Pagi (24/1/2024)

Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah Drs. Rachmat Riyanto, S.T., M.AP., membuka secara resmi kegiatan Musrenbang di Kecamatan Pondok Kelapa. Turut hadir Staff Ahli Kemasyarakatan dan SDM, Perwakilan DPRD, Perwakilan Forkopimda, Kepala Bappeda Dra. Hj. N. Yuhanah., M.M beserta jajaran, beberapa kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah di Kecamatan Taba Penanjung serta unsur terkait lainnya.

Dalam musrenbang ke-5 yang bertempat di Kecamatan Pondok Kelapa, Sekretaris Daerah Rachmat Riyanto menyampaikan bahwa Musrenbang di Kecamatan Pondok Kelapa akan banyak sekali usulan yang dibutuhkan masyarakat dari 17 Desa di Kecamatan ini, sehingga jangan sampai ada yang terlewatkan dalam forum ini. Beliau juga mengingatkan kembali perihal layanan usulan sekarang sudah menggunakan sistem aplikasi SIPD RI (Sistem Informasi Pemerintah Daerah Republik Indonesia).

“Tentunya 17 Desa ini memiliki berbagai macam variasi usulan, ada yang menginginkan akses jalan, sektor kesehatan dan lainnya, semua akan kita input yang nanti akan menjadi bahan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2025, jadi jangan sampai ada usulan yang terlewatkan mengingat perencanaan ini sekarang sudah menggunakan sistem aplikasi yaitu Sistem Informasi Pemerintah Daerah Republik Indonesia (SIPD RI) yang mana jika ada usulan yang terlewat atau tidak terdaftar di sistem tersebut maka akan sulit memprosesnya” Ujarnya.

Rachmat Riyanto menambahkan bahwa Musrenbang ini dilakukan di 11 Kecamatan guna menyerap semua usulan dan aspirasi masyarakat melalui Kepala Desa seperti dalam forum hari ini yang temanya berfokus pada Pengembangan Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Infrastruktur dasar.

“Semua usulan di pondok kelapa ini ada sekitar 100 lebih usulan, nanti akan kita sesuaikan ke temanya dan di seleksi mana yang akan menjadi prioritas, lalu diserahkan kepada OPD terkait dan mereka akan melaksanakan program-programnya”

Rachmat Riyanto menyatakan sangat puas pada gelaran Musrenbang di Kecamatan Pondok Kelapa hari ini dikarenakan semua stakeholder turut hadir termasuk tokoh masyarakat sehingga peserta Musrenbang dianggap paling lengkap dari Kecamatan lainnya.

Musrenbang di Pondok Kelapa tahun ini didominasi usulan perbaikan jalan lintas, pengadaan jalan desa, tiang lampu jalan, drainase dan irigasi, pengadaan tembok penahan longsor dikawasan rawan longsor, rehabilitasi dan perawatan bangunan/ infrastruktur yang rusak serta usulan memfasilitasi desa wisata. Demikian. (**)