MPP Bengkulu Tengah Langkah Awal Menuju Digitalisasi Pelayanan

Rekamjejaknews.com-Usai meresmikan tiga Mal Pelayanan Publik (MPP) di Bengkulu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas berkesempatan mengunjungi MPP Kabupaten Bengkulu Tengah. Di sana, Menteri Anas meninjau gedung serta konter pelayanan.

 

Dirinya pun mengapresiasi kehadiran MPP di Bengkulu Tengah. “Saya lihat ini bangunan MPP-nya luar biasa bagus dan saya bersyukur karena Bengkulu Tengah telah memulai sebuah sistem pelayanan yang modern dan terintegrasi dalam MPP,” ungkap Menteri Anas usai meninjau MPP Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu, Kamis (16/03).

 

Menteri Anas berharap kehadiran MPP di Bengkulu Tengah dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya akan layanan administrasi, perizinan, maupun non-perizinan. Sehingga MPP dapat memberikan dampak langsung bagi masyarakat dan peningkatan roda ekonomi di Bengkulu Tengah.

 

Berdirinya MPP di daerah yang bersemboyan Maroba Kite Maju ini, diharapkan menjadi penanda fase baru dalam pelayanan di Bengkulu Tengah. “Mudah-mudahan ini menjadi momentum untuk perbaikan layanan publik bagi Bengkulu Tengah dan dapat memulai langkah untuk untuk mendigitalisasi secara bertahap pelayanan kepada masyarakat,” lanjutnya.

 

Dengan adanya digitalisasi layanan, maka bukan hanya tempatnya saja yang terintegrasi dalam MPP. Melainkan, terintegrasi keseluruhan secara sistem sehingga akan jauh lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus dan mengakses layanan.

Kementerian PANRB, sambungnya, terus mendorong berbagai kabupaten dan kota untuk menghadirkan MPP di wilayahnya masing-masing. Setelah cukup lama dipersiapkan, akhirnya MPP pun hadir di Bumi Rafflesia dan tiga MPP langsung diresmikan secara bersama, termasuk di Bengkulu Tengah.

 

Sebelumnya, Menteri Anas bersama Wakil Gubernur Rosjonsyah Syahili telah meresmikan MPP Kota Bengkulu, MPP Kabupaten Bengkulu Tengah, dan MPP Kabupaten Lebong. Kehadiran tiga MPP di Provinsi Bengkulu ini menambah jumlah MPP seantero Indonesia menjadi 115 MPP.

 

MPP Kabupaten Tengah saat ini memberikan 151 jenis layanan dari 21 instansi. Beralamatkan di Jl. Bengkulu-Kepahiyang Km. 10, gedung bersama dengan Dekrasnada ini melayani pada Senin-Kamis pada pukul 08.30-15.00 WIB dan hari Jumat pada pukul 08.30-15.30 WIB.

 

Menteri Anas berharap kedepannya MPP Bengkulu Tengah dapat menambah jenis layanan yang dapat diakomodir dan pelayanannya juga dapat bertambah baik. Termasuk yang penting adalah sosialisasi kepada masyarakat agar mengetahui keberadaan MPP Bengkulu Tengah ini.

 

“Sekali lagi saya mengapresiasi berdirinya MPP di Kabupaten Bengkulu Tengah ini. Selamat kepada Pj. Bupati Bengkulu Tengah dan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah atas kehadiran tonggak baru pelayanan publik ini,” pungkas Menteri Anas. (***)