Kota Bengkulu Berhasil Raih Penghargaan Sebagai Kota Sehat Tahun 2023

Bengkulu, Rekamjejaknews.com – Mendekati akhir tahun, Kota Bengkulu berhasil mengukir prestasi yang gemilang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  dan Kementerian kesehatan (Kemenkes) RI karena di nobatkan sebagai Kota Sehat Saba Wiwerda pada tahun 2023, Selasa (28/11/2023).

 

Atas pencapaian yang diraih itu tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Kota Bengkulu. Dalam masa kepemimpinan Pj Wwalikota Arif Gunadi, Kota Bengkulu adalah satu satunya perwakilan Provinsi Bengkulu yang sukses meraih predikat Kota Sehat.

Dari pencapaian terdebut, Arif sangat mengapresiasi langkah dan kerja dari pihak yang sudah terlibat didalam pembangunan kota sehat termasuk pada kontribusi masyarakat sudah saling bahu membahu untuk dapat mewujudkan kota sehat sesuai dengan tatanan.

 

Selaku Pj Walikota, Arif sangat berharap predikat yang diperoleh ini akan terus dipertahankan, dan bila perlu lebih dingkatkan lagi agar kota Bengkulu ini benar benar menjadi kota sehat sesuai pada tatanan yang ada. Semua inovasi yang ada harus terus dikembangkan demi untuk kemajuan suatu daerah.

 

Beberapa tatanan yang di maksud ialah tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, pemukiman dan fasilitas umum, tatanan pasar, satuan pendidikan, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial, dan tatanan pencegahan serta penanganan bencana.

 

Kemudian pelaksana tugas (PLT)Kepala Dinkes yakni Joni Haryadi menjelaskan bahwa penghargaan yang didapatkan ini akan menjadi bukti jika Kota Bengkulu telah memenuhi kriteria dalam menjalankan suatu Program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dari Kemenkes RI.

 

Joni mengakui jika penghargaan ini adalah bukti keseriusan Pj Walikota dalam melaksanakan program kota sehat sesuai dengan yang diharapkan dan juga berdampak pada peningkatan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.

 

Ia juga menerangkan beberapa masukan yang ada ditahun 2023 akan terus diperbaiki supaya Kota Bengkulu kedepan dapat meraih predikat Kota Sehat Swasti Saba Wistara nantinya.

Terkait denfan tata kelola kota sehat, Walikota sudah mengeluarkan kebijakannya melalui SK Walikota Nomr 128 Tahun 2020 Tentangf Pembentukan Tim Pembina Forum Kota Sehat dan SK Nomor 127 Tahun 2020 Tentang Pembentukan Forum Kota Sehat.

 

Dalam kegiatan penerimaan penghargaan Kota Sehat, Wali Kota didampingi langsung oleh Pj Sekda Eka Riko Rino, Asisten I Eko Agusrianto, Kepala Bappeda Medy Pebriansyah, Ketua Tim Forum Kota Sehat Arifin Daud.