Jelang Idul Adha, Pemkot dan Polri Lakukan Pemeriksaan Hewan Ternak di Pintu Masuk Perbatasan Kota

Bengkulu,rekamjejaknews.com – Hari raya iduladha tinggal menghitung hari, banyak persiapan yang diusung pemerintah guna menanggulangi persiapan Iduladha di tengah situasi wabah PMK ini.

Salah satunya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) bekerjasama dengan Polres Bengkulu melakukan pemeriksaan hewan ternak di wilayah perbatasan Kota Bengkulu (Simpang betungan, sungai hitam dan nakau)

Tujuan pemeriksaan ini ialah untuk memeriksa hewan ternak yang hendak masuk ke Kota Bengkulu dan sebagai upaya penanggulangan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Pemeriksaan di pintu masuk perbatasan mulai dilakukan sebab menjelang iduladha terjadi peningkatan aktivitas jual beli hewan ternak. Tiap kendaraan yang membawa hewan ternak dan memasuki wilayah Kota Bengkulu dilakukan pemeriksaan baik kesehatan hewan maupun kelengkapan administrasinya.

“Setiap hewan yang masuk akan diperiksa secara fisik, kesehatan, peruntukkan dan tentu kita minta menunjukkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal ternak,” ungkap Kadis Dispangtan Ardiansyah saat diwawancara, Kamis (7/7/2022). (**)