Jangan Dianggap Sepele, Konsumsi Air Tidak Bersih Bisa Memicu Lahirnya Anak Stunting

Kota Bengkulu,rekamjejaknews.com – Pemkot Bengkulu melalui Dinas Kesehatan Kota Bengkulu mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan lagi ketersediaan air bersih dan jamban di rumah untuk mencegah kasus stunting pada anak.

“Kasus stunting anak bisa muncul karena keterbatasan akses air bersih, terutama untuk konsumsi. Kemudian ketiadaan jamban di rumah sehingga di setiap rumah harus terpenuhi kebutuhan dasar itu,” ujar Plt Kadis Kesehatan Kota Bengkulu, Joni Haryadi.

Dia menjelaskan untuk mencegah stunting bukan saja terkait dengan pemenuhan asupan nutrisi dan gizi, tetapi akses dan konsumsi air bersih serta ketersediaan jamban keluarga juga mempunyai peran penting.

“Kita menyarankan agar air yang dikonsumsi oleh masyarakat itu adalah air yang dimasak atau yang sudah direbus hingga mendidih di suhu 100 derajat, walaupun air galon isi ulang sebaiknya tetap di rebus. Saya di rumah minum air yang sudah dimasak,” kata Joni.

Bicara soal stunting ini, Joni yakin kolaborasi yang dilakukan terus-menerus bersama pemangku kepentingan di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu yang sudah terjalin dengan baik akan dapat berhasil mengendalikan kasus stunting anak.

Kemudian mewujudkan kebersihan lingkungan yang sehat dan air yang bersih adalah masalah utama yang perlu diperhatikan warga karena dapat mengatasi pencegahan penyakit, termasuk untuk mencegah stunting.(**)