Hujan Deras, Debit Air Sungai Rindu Hati Mengganas Jembatan Diinfokan Putus

Bengkulu tengah,rekamjejaknews.com – Tingginya curah hujan yang melanda wilayah Bengkulu Tengah (Benteng) hingga Kota Bengkulu dan sekitarnya sejak sore tadi, Minggu 22 Januari 2023 menyebabkan naiknya debit dan volume aliran sungai, salah satunya Sungai Rindu Hati, Kecamatan Taba Penanjung.

Bersamaan dengan mengganasnya sungai setempat, beredar foto dan video di Whatsapp Grup (WaG) serta di sosial media Facebook (Fb) yang memperlihatkan kondisi sungai serta dampak yang ditimbulkan. Salah satu yang sempat membuat heboh adalah informasi putusnya jembatan yang menghubungkan Desa Surau dengan Desa Taba Baru. Setelah dikroscek langsung, jembatan tersebut masih terhubung.

“Kalau jembatannya masih, ada kerusakan di bagian tiang-tiangnya. Air mulai deras sejak sekitar pukul 16.31 WIB. Kami sudah menurunkan satgas ke lokasi. Kami akan terus memantau situasi dan perkembangannya. Untuk di lokasi lain juga kami pantau. Kepada masyarakat kami imbau untuk waspada,” ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Benteng, Andri Edo Saputra, S.Sos.

Sementara itu, Camat Taba Penanjung, Noni Oktarina, SE, MM turut memantau situasi di wilayahnya dengan terjun ke lokasi. Noni lantas meminta kepada seluruh pemerintah desa yang wilayahnya rawan bencana banjir, longsor untuk meningkatkan kewaspadaan. Segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan agar bisa ditindaklanjuti.(**)