Hari Ini, Gubernur Rohidin Sambangi Kantor Walikota Bengkulu

Kota Bengkulu, Rekamjejaknews.com- Ada pemandangan berbeda di kantor Walikota Bengkulu, Kamis (10/3/2022) pagi. Pagi ini terlihat Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Sekda Hamka Sabri dan Forkopimda beserta jajaran Pemprov Bengkulu menyambangi kantor Walikota di Bentiring.

Kehadirannya tak lain ialah untuk melakukan kunjungan kerja (Kunker) dan rapat koordinasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu.

Kehadiran Rohidin dan jajaran pun disambut hangat dan penuh senyuman oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Wakil Walikota Dedy Wahyudi, Sekda Arif Gunadi, Forkopimda beserta jajarannya. Helmi mengaku senang karena Gubernur Bengkulu bisa menyempatkan diri bertemu dengannya, seperti sebuah kehormatan mendapat kunjungan langsung dari Gubernur.

Pertemuan ini secara tak langsung juga menepis isu yang mencuat di media bahwa tak akurnya Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah seusai Pilgub lalu.

Pertemuan ini diawali dengan penayangan profil Kota Bengkulu yang disaksikan langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan tamu-tamu yang hadir di ruang hidyah, kantor Walikota.

Pada sambutannya, Helmi dengan lantang menyatakan kesiapannya membangun kolaborasi dan sinergi dengan Pemprov Bengkulu.

“Pertemuan ini sangat bernilai dan berharga. Kita (Pemkot Bengkulu) siap bersinergi dan kolaborasi untuk mewujudkan Kota dan Provinsi yang bahagia. Memang PR kita masih sangat banyak, tapi ini akan ringan jika dilakukan bersama-sama. Jadi sekali lagi Pemkot selalu siap berkolaborasi dan sinergi dengan pemprov agar masyarakat benar-benar merasakan kehadiran pemerintah,” ungkap Helmi.

Seperti biasa, dalam pertemuan ini, Helmi menjabarkan berbagai program mitigasi langit Pemkot dalam menghadapi kasus Covid dan perubahan iklim.

“Kasus Covid dan perubahan iklim ini kita ada cara tersendiri menghadapinya. Memang kita ini daerah rawan bencana, tetapi kita dengan seluruh stakeholder membangun dan membicarakan bersama serta mencari solusi yang dihadapi masyarakat. Disini, kita bersama Forkopimda memiliki mitigasi langit, bukan hanya mitigasi bencana dan menyelamatkan manusia saja, caranya ialah tolong yang di bumi, maka yang di langit akan menolongmu. Cintai yang di bumi, maka yang di langit akan mencintaimu. Sayangi yang di bumi maka yang di langit akan mencintaimu,” jelasnya.

Mitigasi langit yang dimiliki Pemkot Bengkulu ialah diantaranya program gerakan peduli yatim (GPY), program sedekah nasi bungkus, sedekah Rp 2 ribu dan lainnya.

Setelah itu, Helmi memohon doa terkait rencana pembangunan rumah sakit bersalin ibu dan anak tino galo (RS IA TG). Dibangunya rumah sakit ini ialah untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, terkhusus kepada ibu-ibu yang hendak bersalin dengan mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, dirinya akan menjalankan tupoksi sebagai gubernur dengan fungsi pembinaan, pengawasan serta perpanjangan tangan pemerintah pusat baik secara manajerial dan teknis.

“Kita akan mensinergikan berbagai program, termasuk infrastruktur, pembangunan dan kita juga memfasilitasi dan memediasi semua permasalahan yang ada di setiap daerah bagian Provinsi Bengkulu, termasuk Kota Bengkulu,” ungkap Rohidin.

Dipertemuan ini, finalisasi pemanfaatan tata ruang wilayah diminta dilakukan sedemikian rupa dan bermanfaat untuk saat ini dan jangka panjang.

“Kita akan memfinalisasi tata ruang wilayah yang ada di Provinsi Bengkulu. Untuk itu, saya minta bappeda, PUPR dan dinas terkait dapat mengakomodirnya, melakukan sinkronisasi dan melengkapi komponen lainnya. Ini harus jelas gaidennya dan saya minta betul jangan sampai ada perubahan mendasar nantinya,” tambahnya.

Rohidin juga meminta Pemkot Bengkulu fokus dalam mempersiapkan iklim investasi dan mengembangkan pertumbuhan ekonomi di Kota Bengkulu.(**)