Dewan Pakar MIO Bali, I Nengah Rata Artana Persiapkan Pagelaran GENTA II di Candi Plaosan Klaten

JOGJAKARTA,rekamjejaknews.com – Bertempat di Royal House Rumah Budaya Kota Jogjakarta, Provinsi DIY, pada hari Kamis, (16/6/2022), Tim kerja GENTA II 2022 kembali adakan rapat yang ke-2 dipimpin langsung oleh si penggagas Gelar Nada Nusantara I Nengah Rata Artana, SSn, M.Sn didampingi oleh Sekretaris Imma dan Bendahara Yayuk.

Hadir pula Emha Irawan yang adalah owner Royal House Rumah Budaya selaku tuan rumah, yang juga dipercaya saat ini sebagai Ketua Umum Asosiasi Masyarakat Dansa Indonesia (AMDI).

Selain itu Rapat Ke-2 GENTA, dihadiri juga oleh Kepala Desa Bugisan Heru Nugroho, yang berkesempatan ikut memberikan arahan dan masukan kepada Tim Kerja dalam proses persiapan ajang GENTA II 2022 tersebut.

Sementara pegiat Seni dan Budaya dari Royal House Bambang Hariyana, pencipta Wayang Millehnium Wae Ki Mujar Sang Kerta, Penasehat Aliansi Kuliner Indonesia (KUL-IND) Pusat M.Christiana, Ketua Pokdarwis Desa Bugisan Bapak Seti, Mas Gandung, Mas Rudi juga datang dalam pertemuan dan telah siap untuk menyukseskan event GENTA II 2022.

Tak ketinggalan ada Bunda Yani Sapto Hudoyo owner Saptohoedojo Art and Gallery Batik & Restaurant juga berkesempatan hadir di acara rapat tersebut, sekaligus turut berikan arahan dan support agar acara GENTA II 2022 benar-benar membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia, terutama yang menyangkut sikap toleransi yang akan diungkapkan melalui kreativitas media seni budaya sesuai dengan visi dan misi GENTA.

PENGGAGAS GENTA yang juga sebagai Dewan Pakar Seni, Budaya dan Pariwisata Media Independen Online Indonesia (MIO Wilayah Bali), I Nengah Rata juga sempat bertandang pada 17 Juni 2022 ke kediaman maestro tari topeng Mas Didik Nini Thowok di daerah Jatimulyo Yogyakarta, untuk diskusi dan memohon dukungan suksesnya acara GENTA II 2022.

“Berikutnya Tim Kerja juga bergerak menemui Dr. Memet Chairul Selamet. Singkat cerita beliau juga telah menegaskan siap untuk menggarap musik secara kolosal di pagelaran GENTA II 2022,” terang Dewan Pakar MIO Bali tersebut.

Sampai saat ini, peserta GENTA II 2022 yang mengusung thema Keluhuran Nusantara dengan misinya “Indonesia Bertoleransi, Bersilahturahmi dan Berdamai” sudah terdaftar di 15 provinsi.

Kegiatannya meliputi pementasan musik dan tari, fashion show, pameran UMKM dan kuliner, perlombaan mewarna dan menggambar.

Kegiatan GENTA II 2022 yang mengambil tempat atau venue di Candi Plaosan atau biasa juga disebut dengan nama Candi Kembar, terletak di Desa Wisata Bugisan, Klaten Jawa Tengah.

Dijelaskan oleh I Nengah Rata bahwa Kades Bugisan, Heru Nugroho bersama masyarakat setempat siap mensupport serta menyukseskan kegiatan GENTA 2 yang segera digelar acaranya.

Kades Heru Nugroho juga berharap kepada semua komponen masyarakat yang ada di wilayahnya, apapun latar belakang dan profesinya, bisa ikut berpartisipasi untuk mendukung kegiatan ini berjalan dengan sukses.

Lanjutnya, terlebih dengan telah turunnya perizinan dan rekomendasi dari BPBD Klaten Nomor: 086/St.Tgs/Covid19/2022 dengan didukung penuh oleh masyarakat setempat menambah semangat tim kerja untuk melakukan langkah kegiatan berikutnya.

Perlu diketahui bahwa sebelum acara GENTA 2 yang akan digelar pada bulan Desember 2022 tersebut.

Akan diawali dengan diadakannya beberapa kegiatan berupa Workshop Musik Bundhengan dari Wonosobo yang akan dikoordinir oleh Ibu Muliani dan Tim dari Sanggar Ngesti Laras.

Selain itu akan diadakan Dialog Toleransi dengan narasumber Prof. Baiquni yang merupakan Guru Besar Bidang Geografi dari UGM.

Selanjutnya dari sisi publikasi dan untuk mengkampanyekan toleransi Indonesia ke seluruh pelosok tanah air, Chandra Novrita selaku Ketua Pengurus Wilayah Media Independen Online (MIO) Indonesia Provinsi DIY siap mendukung dan mengerahkan para awak media untuk pemberitaan GENTA.

“Tidak ada alasan bagi kami untuk menolak pada penyelenggaraan GENTA 2 yang memiliki filosofi kegiatan yang ingin hadirkan potret wajah Indonesia yang Bertoleransi, Bersilahturahmi dan juga Berdamai. Terlebih penggagas dari pagelaran ini adalah Bapak I Nengah Rata Artana, yang merupakan sebagai Ketua Dewan Pakar MIO Bali,” terang Chandra Novrita.

Chandra Novrita juga tegaskan kesiapan dirinya selaku pribadi dan juga sebagai Ketua MIO DIY, siap berpartisipasi untuk sukseskan acara pagelaran GENTA 2 melalui jejaring perusahaan media online yang tergabung di organisasi MIO Indinesia.

“Sehingga visi-misi dari kegiatan yang mengusung Thema untuk hadirkan Indonesia yang Bertoleransi, Bersilahturahmi dan juga Berdamai lewat rajutan seni budaya tersebut, akan tersebar dengan baik dan dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara luas,” pungkas Ketua MIO DIY Chandra Novrita.(**)