Atasi Tensi Geopolitik, Fachrul Razi Menjadi Speaker di Majelis Korsel

SEOUL,rekamjejaknewa.com – Senator asal Aceh FACHRUL RAZI yang juga menjabat saat ini sebagai Ketua Komite I DPD RI, ditunjuk DPD RI sebagai speaker dalam pertemuan antar parlemen mewakili DPD RI dengan anggota Majelis Nasional Korea Selatan.

Dalam pertemuan itu, FACHRUL RAZI menyampaikan sistem perbandingan Parlemen di Indonesia dengan sistem parlemen yang ada di Korea Selatan.

FACHRUL RAZI menyampaikan kepada awak media pasca pertemuan bilateral tersebut bahwa Korea Selatan berpotensi kerja sama dengan Pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk dikembangkan Sister City dan Smart City.

“Korea Selatan merupakan negara terbaik sistem digitalisasi, hal ini sangat besar potensi dikembangkan kota digital di Indonesia khususnya di beberapa kota di Indonesia termasuk Aceh,” ungkap FACHRUL RAZI.

Seperti diketahui bahwa Korea Selatan memiliki sistem kota digitalisasi terbaik di dunia.

Capaian sukses pada sektor bidang digital, juga terlihat saat negara tersebut berhasil mengembangkan industri besar seperti Samsung, Hyundai, LG Electronics, Hankook Tire dan Lotte.

“Selain kerjasama kota digital, Korea Selatan juga membuka peluang kerja sama dalam bidang pendidikan, budaya dan teknologi,” tambah FACHRUL RAZI.

Dalam pertemuan hubungan kerjasama
antar parlemen kedua negara itu, dihadiri langsung oleh Ketua DPD RI AA La’Nyalla Machmud Mattaliti dan Ketua Majelis Nasional Korea Selatan, Woo Won-Shik.

Terlihat turut mendampingi Woo Won-Shik
di dalam pertemuan yang digelar pada hari Kamis, tanggal 27 Juni 2024 tersebut, antara lain sejumlah anggota Majelis Nasional Korea Selatan. Yakni, Sam-Seok, Park Sung-Min, dan Yoo Sang-Bum.

(MIO/Network)